10. THE ESTABLISHMENT OF BANTEN PROVINCE (1999-2000)

THE ESTABLISHMENT OF BANTEN PROVINCE (1999-2000)


-Format Representasi Alam, Manusia dan Kebudayaan Banten dibagi ke    dalam beberapa periode suksesif yang masing-masing menunjukkan      fase perkembangan. 
 -Berdasarkan akumulasi data geografi, arkeologi, etnografi, tutur    dan fakta empirik.


Model Budaya
       Entitas utama ditampilkan oleh semangat menyambut kemenangan rakyat mengawali era reformasi dan memunculkan ide membangun propinsi sendiri untuk wilayah Keresidenan Banten. 
Sejarah dan Kebudayaan Banten memberi gagasan utama pembentukan propinsi.
Bersatunya seluruh elemen masyarakat Banten untuk memperjuangkan berdirinya Provinsi Banten melalui berbagai cara: propaganda di media massa, jalur akademis, jalur politik sampai demonstrasi di beberapa tempat penting. 

Bukti Sejarah
      Berbagai pertemuan informal dengan frekuensi tinggi dalam suasana reformasi dan dilakukan di berbagai tempat. 
Kemunculan berbagai organisasi dadakan untuk menghimpun kekuatan formal dalam mengajukan argumentasi rasional bagi berdirinya provinsi, serta sejumlah audiensi dilakukan di lembaga-lembaga pemerintahan pusat dan daerah. 
Berbagai media massa propaganda.

Etnografi
     wilayah provinsi Banten mutakhir, foto-foto, guntingan surat kabar dan majalah dan selebaran, pamplet, spanduk, dan identitas lain yang menunjukkan perjuangan rakyat Banten membentuk sebuah propinsi.

Fakta Empirik
     Lukisan besar saat menanti keputusan sidang paripurna DPR untuk menetapkan Provinsi Banten seperti tertuang dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2000.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »